Ramon Archundia Raja Iguana Dari Meksiko

Ramon Archundia dikenal sebagai malaikat pelindung iguana di Meksiko. Selama 40 tahun terakhir, pria ini mengabdikan hidupnya untuk merawat iguana Meksiko yang nyaris punah. Dia tak mendapatkan bantuan apa pun dari pemerintah. Penangkaran miliknya bahkan terancam ditutup. Namun para pecinta hewan lokal justru maju untuk membelanya.

Dilansir Oddity Central (11/10), Ramon mendirikan Iguanario untuk menampung iguana yang kehilangan habitat. Penangkaran tersebut berlokasi di pusat kota Manzanillo dan sekarang telah menjadi rumah bagi 642 iguana serta spesies hewan liar lainnya.

Ramon memulai upaya penyelamatan iguana ini bersama ayahnya, Juan 40 tahun lalu. Awalnya mereka hanya menyelamatkan sepasang iguana yang diperlakukan dengan buruk oleh pemiliknya. Ramon dan ayahnya membuatkan sebuah kandang besar dan nyaman di rawa-rawa Manzanillo. Lama-kelamaan, jumlah iguana yang mereka tampung di sana semakin banyak. Sekarang, Ramon juga merawat musang, luak, dan kura-kura yang ditelantarkan.

Untuk memberi makan ratusan iguana tersebut, Ramon harus menyediakan sekitar 180 kilogram makanan setiap hari. Untuk mendapatkannya, Ramon mengunjungi pasar lokal dan mengumpulkan sumbangan sayur dan buah-buahan dari para pecinta hewan dan penduduk.

Selain memberi makan, Ramon juga memandikan iguana-iguana yang dia pelihara. Sesekali dia melepaskan hewan-hewan tersebut untuk berjemur di bawah siraman cahaya matahari. Biasanya mereka langsung berkumpul di sekeliling Ramon yang duduk di bawah pohon.

PROFEPA, badan perlindungan lingkungan Meksiko sempat berniat menyita iguana-iguana Ramon dan menutup penangkaran miliknya. Pasalnya, hewan-hewan itu tergolong langka dan tidak terdaftar. Namun organisasi pecinta binatang lokal menentang tindakan ini. Mereka membela Ramon dan membantunya mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan agar bisa melanjutkan misi mulianya tanpa bertentangan dengan hukum Meksiko.

0 Response to "Ramon Archundia Raja Iguana Dari Meksiko"

Posting Komentar