Bahayakah Sikap Pesimis? Berikut Penjelasannya

Pesimis adalah sebuah sifat yang selalu membuatmu tidak percaya diri dan dipenuhi dengan beragam pikiran negatif. Akibatnya kamu tidak bisa bergerak maju. Selain mempengaruhi kehidupan sehari-hari, sifat pesimis juga membuatmu berisiko tinggi untuk terkena penyakit jantung, lho. Penelitian dari Finlandia menemukan bahwa angka orang yang meninggal akibat penyakit jantung koroner ternyata juga dibarengi dengan sifat pesimis yang dia miliki sebelumnya.

"Sifat pesimis membuat orang jadi rentan stres. Untuk meredakan stres ini terkadang mereka mengalihkannya dengan melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi makanan tidak sehat, serta tidak rajin berolahraga. Jika kebiasaan ini terus dipupuk, maka angka kolesterol dan tekanan darah jadi naik. Begitu pula dengan gula darah tubuh. Akibatnya, lambat laun kesehatan tubuh akan menurun," terang Dr. Mikko Pankalainen, penulis utama penelitian dan seorang psikiater di Rumah Sakit Paijat-Hame Central di Lahti, Finlandia.

Penelitian terpisah lainnya juga menemukan bahwa wanita yang tidak memiliki tingkat ketidakpercayaan diri yang tinggi juga berisiko tinggi untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang bersifat optimis.

Ternyata di balik sifat negatif dan pesimis menyimpan bahaya kesehatan, ya. Jadi, apakah kamu masih mau menyimpan sifat buruk ini?

0 Response to "Bahayakah Sikap Pesimis? Berikut Penjelasannya"

Posting Komentar