Kemampuan Belajar Berjalan Anak Kita Harus Diperhatikan

Salah satu perkembangan yang perlu Mama pantau adalah kemampuan fisik si kecil.

Kemampuan fisik yang dimaksud antara lain kemampuan berjalan dan menggapai benda.

Jenis kemampuan berjalan anak ini menunjukkan semakin bertumbuhnya kekuatan kaki, tangan serta koordinasinya.

Berikut perkembangan berjalan pada anak yang normalnya terjadi.

Mencoba Berdiri
Umumnya kemampuan fisik yang menggunakan kaki sudah terjadi saat ia menginjak usia 12 bulan. Pada usia ini, anak biasanya sudah menggunakan kakinya untuk mencoba berdiri.

Dimulai usia ini, anak akan mencoba berjalan. Posisi berjalan biasanya dimulai dengan bantuan. Biasanya anak akan sukses berjalan sendiri tanpa bantuan ketika menginjak usia 15 bulan.

Kaki Lebar
Meski sudah bisa berjalan sendiri, anak biasanya berjalan dengan kaki lebar. Lengan digunakan untuk membantu keseimbangan berjalannya.



Selain itu pada usia 15 bulan, anak bisa bergerak dari posisi duduk ke berdiri. Ia akan menggunakan tangan untuk mendorong tubuhnya.

Mendorong
Kemampuan berjalan anak biasanya akan semakin matang pada usia 18 bulan. Di usia ini ia sudah mampu berjalan sambil mendorong mainan beroda di depannya.

Kemampuan berjalan pada usia ini dibarengi dengan kemampuan koordinasi tangan kaki yang lain. Ia sudah mampu mengambil benda kecil dan menumpuknya menjadi sebuah menara.

Memanjat
Ia juga mampu memanjat ke tempat yang masih terjangkau oleh tingginya. Ia pun bisa minum dari gelas tanpa perlu bantuan.

Kemampuan berjalan dan kordinasinya semakin matang ketika menginjak usia 2 tahun.

Berjalan Mundur
Pada usia 2 tahun, ia bisa bergerak dari posisi duduk ke berdiri tanpa menggunakan bantuan tangan. Ia juga sudah bisa menarik sesuatu dan berjalan mundur.

Saat berjalan, anak juga sudah bisa berjalan sesuai dengan arah. Anak juga bisa mulai naik turun tangga meski masih menggunakan bantuan. Itu dia tadi berbagai perkembangan berjalan pada anak yang normal terjadi.

Mama bisa menggunakan mainan untuk memberinya stimulus dalam meningkatkan koordinasi tangan kaki serta kemampuan untuk menopang diri sendiri agar mampu berjalan.

0 Response to "Kemampuan Belajar Berjalan Anak Kita Harus Diperhatikan"

Posting Komentar