Makannlah Sebelum Anda Merasa Lapar, Mengapa?

Dengan alasan sibuk dan banyak pekerjaan, seringkali Anda jadi memilih menu makan siang di waktu makan. Hati-hati, kebiasaan ini bisa tanpa disadari bisa membuat Anda makan lebih banyak dari biasanya.

Studi dari University of Pennsylvania dan Carnegie Mellon University menyebutkan bahwa orang umumnya cenderung memesan makanan dengan kalori berlebihan, jika hal ini dilakukan di dekat waktunya makan.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa memesan makanan ketika Anda sudah lapar, dapat mengarah pada konsumsi kalori berlebihan," ujar penulis utama studi ini, Eric M. VanEpps.

Dalam penelitian ini, tim melakukan dua studi lapangan dan memeriksa pesanan makan siang secara online dari 690 karyawan. Studi lainnya juga dilakukan dengan melibatkan 195 mahasiswa. Dari ketiga studi tersebut, para peneliti mencatat bahwa makanan dengan kandungan kalori yang lebih tinggi dipilih oleh mereka yang waktu pemesanannya berdekatan dengan waktu makan.

"Temuan ini memberikan satu bagian dari bukti bahwa keputusan yang dibuat di waktu mepet, cenderung membuat seseorang memilih terlalu banyak makanan," ungkap penulis senior George Loewenstein.

Dikutip dari situs jurnal Carnegie Mellon University, pakar pun menganjurkan Anda untuk memilih dan memesan menu makanan paling tidak satu jam sebelum waktunya makan. Pada waktu ini, nafsu makan cenderung belum tinggi dan Anda belum terlalu lapar, sehingga proses pemilihan pun masih berada pada tahap wajar.

0 Response to "Makannlah Sebelum Anda Merasa Lapar, Mengapa?"

Posting Komentar